Diundang Youtube - Mengikuti YouTube Pop Up Space-3 Jakarta

Apa itu YouTube Pop-up Space? 
Pop-up Space adalah salah satu inisiatif yang dibuat untuk mendukung komunitas kreatif di seluruh dunia dan sebagai investasi di dalam pertumbuhan konten kreator sejalan dengan misi YouTube Spaces: belajar, saling terhubung, dan menciptakan konten.
YouTube Pop Up Space
youtube space - pop up

Ada apa aja sih di YouTube Pop-up Space?
Banyak banget rangkain acara dan ada top kreator yang melakukan produksi video sewaktu acara-acara kita berlangsung. Top kreator yang bisa mendapatkan akses Pop-up Space ini adalah kreator yang mempunyai 100K (K=Seribu) subscriber keatas dan memenuhi undangan/kriteria tertentu.
 
Acaranya ada apa aja buat kreator?
Rangkaian workshop yang menarik buat teman-teman kreator baik senior yang telah mencapai ratusan ribu sampai jutaan subs, maupun yang baru memulai di YouTube dengan syarat 1000 subs keatas.

Acara ini diselenggarakan pada Tanggal : 18 - 24 September 2017
Lokasi : ART1 New Museum, Jalan Rajawali Selatan Raya No.3, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar Kota Jakarta Pusat. 10720

Acara ini dikategorikan sebagai berikut :

Networking Event & 100K Creator Awards Celebration | 18 Sep 2017 (Senin)
Acara pembukaan Pop-Up Space di Jakarta dan juga ‘Perayaan 100K’ bagi Top Kreator dengan penyerahan Silver Play & Gold Play button

Production Workshops | 21 Sep 2017 (Kamis)
Belajar dasar-dasar untuk membuat video yang berkualitas dengan 3 topik utama: kamera, pencahayaan, dan audio. Workshop ini akan diadakan oleh pakar produksi.

FULL HOUSE Creator Day | 23 Sep 2017 (Sabtu)
Belajar trik-trik untuk mengoptimalkan channel YouTube melalui konten yang menarik untuk menambah jumlah subscribers

TOUR YOUTUBE POP-UP SPACE | Sewaktu Periode event diatas
Source : youtube-creatorcommunity

Saya mengetahui acara tersebut via email dalam bentuk undangan dari youtube, yang sebelumnya dapat telephone langsung dari pegawai youtube yang berada di singapore karena telah mencapai 100K Subs. Dari acara tersebut saya hanya submit  pada hari senin dan kamis saja. Karena faktor X. Dari kedua yang saya submit  itu diterima keduanya.

Ternyata  didalam acara Networking Event & 100K Creator Awards Celebration saya diberi link untuk submit acara didalamnya selama 2 hari. Jadi senin, selasa, & berikutnya kamis. Cocokdah, jadi jauh-jauh ke jakarta nggak sia-sia. Jadi Free 1 hari ja sob. :)
undangan BAP

Berangkat naik Bus mulai hari Minggu jam 15.00WIB perjalanan sampai Senin Jam 05.10WIB baru sampai terminal kali deres. Sesampai disana dijemput saudara sugeng dan beristirahat sebentar lalu berangkat ke lokasi acara yaitu ART1 New Museum Jakarta Pusat.
id card YouTube Pop Up

Hari Pertama Registrasi, Networking Event, BAP (Business Accelerator Program) 
Acara ini berlangsung selama 2 hari. Dari acara ini saya mendapatkan banyak ilmu, pengetahuan, & pengalaman yang luar biasa. Bisa Ketemu senior top kreator youtube. Mendapatkan pengetahuan cara mengembangkan channel ke bisnis.
YouTube Pop Up Space
foto bareng senior top creator

Hari Pertama Malam “100K Creator Awards Celebration”
Nah dimalam ini saya berharap bisa mendapatkan sebuah piagam bergambar ikon play YouTube yang terbuat dari perak murni (Silver Play Button). Secara syarat kan udah 100K subs lebih nih. Eh,, ternyata zonk sob. Setelah saya tanyakan ternyata untuk claim silver play button ada prosedurnya. Jadi nggak cukup dengan 100K subs aja. Kita harus claim dulu. Setelah claim aja masih nunggu sekitar 3bln karena itu silver play button  dibuat langsung dari asalnya youtube (bukan dari indonesia) dan ditandatangani langsung oleh CEO youtube langsung. Ok Fix punya saya belum jadi :(. Sabar ya..

Untuk mengobati ngidam silver play button yang jauh-jauh dari jatim ke jakarta akhirnya pinjem punya fateh halilintar.
akhirnya pegang silver play button :)

ketemu master dedy & azka

Hari Kedua BAP (Business Accelerator Program) ke-2
Hari kedua ini sangat luar biasa. Karena mendapatkan wawasan oleh pakar youtube secara langsung serta pemateri expert dibidangnya masing-masing. pokoknya muantap dah.
expert village BAP

Selain itu juga bisa ngobrol sharing sesama kreator yang telah mencapai 100rb keatas & juga creator Youtube Next Up
YouTube Pop Up
foto bareng creator-creator keren

Hari Ketiga (Free)
Istirahat dirumah saudara sesama Sugeng yakni bpk Sugeng Widodo (Indotel).
dikediaman bpk. sugeng indotel-grogol
Hari Keempat Production Workshops
Didalam acara ini kita dikasih pengetahuan untuk produksi sebuah video. Mulai dari pengambilan gambar, lihghting, sampai tips trik produksi dengan budget rendah. Pemateri yaitu koh andry ganda dari cameo project.
bareng koh andry cameo project

foto bareng peserta & pemateri workshop

Oiya selain itu dalam acara ini juga ada lucky draw loh. dengan mengupload sebuah foto dengan spot acara yang berlangsung terus unggah ke portal yang telah disediakan di creator academy. jika kita beruntung kita akan mendapatkan hadiah. Hore.. saya beruntung dapat Speaker Bluetooth eksklusif dr Youtube :)
lucky draw

Hari Ke-5 Pulang Otw Jatim
Sebelum pulang menyempatkan menemui saudara sugeng lain yang bisa ditemui, yaitu Mas Sugeng Berkah dan Bpk Sugeng Suratno (di Kantor Pegadaian Pusat).
Lalu pulang Naik kereta pertama kali, Beli tiket online pertama kali. Sampai cari pencetakan tiket dengan berlari-lari, karena waktu mepet. Berangkat jam 14.00WIB
station pasar senin

Dan akhirnya sampai babat dini hari 00.30 (udah hari ke-6). Dari statisun babat dijemput teman menuju jalan raya. Nunggu bus, dapat, OTW rumah Tuban. Sampai didesa sekitar jam 04.00

Oiya selama dijakarta modal transportasi saya mengandalakan ojek online. Mulai dari mobil & motor telah saya coba. Dan saya rasa ojek online sangatlah membantu sekali.

Banyak Pengalaman Berharga yang saya dapat dalam acara ini. Tak bisa saya ungkapkan dengan kata. Yang pasti mengesankan. Suatu kehormatan yang luar biasa bagi saya bisa dapat undangan dalam acara  YouTube Pop Up Space ini.
Semoga dapat mengaplikasikan ilmu,  wawasan dari pegalaman tersebut agar menjadi lebih baik lagi. Sampai Jumpa di Youtube Pop-Up Space Berikutnya...
#Youtubers
#YoutubeCreator
#ContentCreator
#YouTubeSpaceJKT