Waspada Rem Blong, Kenali 5 Ciri-Cirinya Berikut Ini !!!

Rem merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada sebuah mobil. Bayangkan betapa vitalnya peran komponen yang satu ini agar mobil dapat melambat dengan sempurna ketika memang harus berhenti. Berangkat dari alasan tersebut, perawatan pada rem mesti diperhatikan karena apabila bermasalah sangatlah berbahaya terutama untuk soal keselamatan.

Sudah banyak pula daftar terjadinya kecelakaan yang diakibatkan oleh rem tidak berfungsi atau blong. Oleh sebab itulah, pengendara perlu mengecek selalu sistem pengereman pada mobil, seperti kondisi rem itu sendiri baik dari respon rem ketika diinjak, kampas rem, minyak rem serta tali rem. Hal tersebut tentu guna mencegah supaya rem bisa diatasi lebih cepat jika memang terdapat masalah dan diservis di bengkel resmi Dealer Toyota Angkasa.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, rem blong merupakan salah satu masalah yang seringkali ada pada rem mobil. Untuk mewaspadai peristiwa yang timbul akibat rem blong, berikut beberapa ciri – ciri yang bisa dikenali.



1. Pedal Rem Lebih Ringan dari Biasanya

Pedal rem yang terasa lebih ringan dari biasanya saat digunakan bisa menjadi pertanda bahwa minyak rem hampir habis. Tidak adanya minyak rem mengakibatkan injakan pada rem loss atau ringan sebab minyak rem tidak dapat meneruskan desakan dari pedal mengarah ke cakram untuk mengurangi kampas. Atau ringannya pedal rem bisa juga disebabkan oleh adanya angin pada sistem rem yang perlu untuk segera dibuang. Kejadian tersebut bisa diatasi dengan mengunjungi bengkel resmi Dealer Toyota Angkasa.

2. Mobil Tertarik ke Satu Sisi Ketika Rem Diinjak

Pernahkah saat pedal rem ditekan tetapi mobil terasa tertarik ke salah satu sisi kiri atau kanan? Hal ini kemungkinan terjadi karena adanya kondisi abnormal dari saluran penyaluran tekanan minyak rem. Di samping itu, peristiwa ini juga dapat terjadi apabila terdapat kebocoran di antara silinder roda. Untuk lebih pasti mengetahui sebabnya, sebaiknya lakukan servis di bengkel resmi Dealer Toyota Angkasa.

3. Pedal Rem Keras

Jika tadi terasa enteng saat diinjak, pertanda rem akan blong juga dapat ditemui pada pedal yang rasanya lebih keras. Kerasnya pedal ini disebabkan oleh sumbatan yang ada pada drainase fluida, pecahnya selang vacum, silinder roda macet atau bisa juga bagian kampas terpapar oli. Kondisi yang demikian menyebabkan kampas rem sulit untuk ditekan.

4. Rem Terasa Bergetar

Apabila rem terasa bergetar, penyebabnya mungkin karena kondisi sepatu rem yang mengeras ataupun rem terpapar oli. Jika paparan oli pada rem tersebut tidak dimurnikan, paling parah dampaknya ialah rem blong. Menghindari hal tersebut bisa dengan servis rutin di bengkel resmi Dealer Toyota Angkasa Auto2000 disini.

5. Ada Suara Gesekan

Terdapatnya suara gesekan ketika mengerem juga perlu diperhatikan karena biasanya terdapat komponen yang aus, yakni sepatu rem atau kampas. Ini juga merupakan tanda rem akan blong.

Itulah tadi 5 ciri – ciri rem akan blong. Rem yang blong tentu merepotkan dan sangat berbahaya, oleh sebab itu, selalu cek semua komponen mobil dengan servis berkala di bengkel resmi Dealer Toyota Angkasa Auto2000. Dealer Toyota Angkasa Auto2000 dapat dilakukan booking servis yang bisa di cek informasinya di website Dealer Auto2000 auto2000.co.id.